Briket Arang Batok Kelapa Sebagai Produk Ekspor Unggulan Sulawesi Halaman 1

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana optimistis kerja sama ini menjadi tonggak peningkatan kerja sama perdagangan kedua negara di masa yang akan datang. Usaha pemasaran yang dilakukan oleh tim PKBL Dahana agar UMKM mampu melakukan ekspansi adalah dengan melakukan pelatihan ekspor, pemasaran digital, hingga melibatkan UMKM binaan pada berbagai acara pameran produk UMKM tingkat internasional. Ia berharap kegiatan eksportasi ini turut mengembangkan ranah produksi UMKM binaannya, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat utamanya warga Subang. “Misalnya ketidakpastian kualitas dan waktu tiba barang (-/+ 2-3 bulan) yang menyebabkan waktu dan modal kerja para mitra reseller menjadi tidak produktif lantaran harus menunggu lama barang pesanan tiba,” tambah Yogi Abimanyu. Jika tidak mencantumkan ”buatan Indonesia”, pihak PT GCI membatalkan pemesanan. Produk arang bisa memasuki Eropa dan negara- negara lain,” kata Tarman.

Pasalnya, produk yang dihasilkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah berbasis pesantren di Indonesia mampu bersaing di pasar nasional bahkan beberapa sudah memiliki akses pasar ekspor. Untuk impor dari AS tercatat ada enam komoditas nilainya mengalami penurunan. Komoditas tersebut yakni biji-bijian berminyak yang turun three,46%, ampas atau sisa industri makanan turun 7,01%, kapas turun turun 35,14%, berbagai produk kimia turun 26,54%, perangkat optik turun 21,42%, dan komoditas lainnya turun 22,74%. Produk karet dan barang dari karet yang turun 27,67% menjadi US$ 307,37 juta dari US$ 424,ninety three juta.

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen arang skala kecil binaan program kemitraan dan bina lingkungan PT Dahana kembali melakukan ekspor arang ke Arab Saudi, dengan pemberangkatan ekspor kloter kedua dari Ciater, Subang, Jawa Barat. Selaku fasilitator pertanian di perdagangan internasional, pihaknya juga secara aktif turut dalam forum internasional guna memperbaharui kesepakatan-kesepakatan “G to G” terkait aturan sanitari dan fitosanitari yang dipersyaratkan negara tujuan. Menurut dia, secara umum perdagangan kelapa dunia pada 2020 akan turun tetapi tidak besar dan tidak untuk seluruh produk.

Ekspor arang

“Indonesia banyak mengekspor mentahnya. Untuk memberi nilai tambah, butuh kerja sama sektor pertanian, industri, dan perdagangan,” kata Kasdi. Prime Karambia Optimus adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kelapa dari barang mentah menjadi barang jadi dan barang setengah jadi. Kami melakukan optimalisasi infrastuktur pengolahan agar lebih efisien dari segi waktu, biaya dan kualitas.

Duta Besar Indonesia untuk Kuwait, Tri Tharyat, mengungkapkan bahwa kegiatan ekspor arang kayu ke Kuwait menjadi bukti perluasan komoditas ekspor nonmigas Indonesia ke pasar Timur Tengah. Biasanya arang ini bisa ditemui di grocery store atau alat kebutuhan rumah tangga. Arang batu bara juga tak menimbulkan asap berlebih jadi pesta bbq bisa berjalan dengan nyaman. Biasanya arang jenis ini digunakan untuk alat panggang trendy yang punya area pembakaran khusus. Selain sabut kelapanya yang eksis di luar negeri, batok kelapanya juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan bakar arang yang ternyata bisa diekspor juga lho! Jenis arang batok kelapa ini seringkali diandalkan sebagai bahan bakar untuk pesta bbq.

Setiap jenis arang ini memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing. Sebelum memutuskan untuk membeli arang, kenali dulu jenis arang yang ada di pasaran. “Potensi limbah yang ada di Indonesia harus dimanfaatkan dengan baik untuk dapat meningkatkan nama baik Indonesia di dunia, salah satunya kelapa Indonesia yang melimpah limbahnya belum termanfaatkan dengan baik seperti tempurung dan sabutnya,” papar Asep. Lebih lanjut, Mentan mengatakan pada masa pandemi Covid-19, akselerasi ekspor Indonesia sektor pertanian cukup menggembirakan. Hal ini terlihat dari peningkatan kontribusi pada produk domestik bruto triwulan III yang meningkat sebesar 571,87 triliun rupiah atau 14,68 persen.