Kawasan Ekonomi Khusus

Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar. Penerapan teknologi EOR menjadi salah satu strategi Pertamina untuk meningkatkan produksi di lapangan migas tua. Tak cuma Pertamina, pemerintah juga mengandalkan metode tersebut buat mendukung capaian target Slot Emoney produksi minyak 1 juta barel per hari dan gasoline 12 miliar kaki kubik secara nasional pada 2030. Perbankan dalam negeri menganggap sektor industri hulu minyak dan gasoline bumi masih menarik untuk dibiayai meski transisi ke energi bersih mulai berjalan.

Oka Artha Ardhana Sukawati saat meninjau pembukaan salah satu mall di Denpasar, beberapa waktu lalu. Pembukaan mal dinilai akan membuka peluang bangkitnya sektor pariwisata, penyediaan makan dan minum, serta sektor rekreasi yang telah lama menjadi tumpuan perekonomian Bali. Uji coba pembukaan mal dan objek wisata merupakan langkah yang patut diapresiasi, karena akan membuka peluang untuk bangkitnya sektor pariwisata, penyediaan makan dan minum, serta sektor rekreasi yang telah lama menjadi tumpuan perekonomian Bali. Suara.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan salah satu tantangan besar bagi perekonomian untuk maju adalah bagaimana bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Keadaan tersebut tercermin dalam laporan peringkat indeks Doing Business 2018 yang diterbitkan Bank Dunia. Salah satu masalah yang paling besar dalam pendirian perusahaan baru di Indonesia yaitu mendapatkan semua izin yang diperlukan. Agar berhasil mengembangkan bisnis di Indonesia, penting sekali untuk membangun jaringan yang baik dengan kalangan bisnis dan pemerintah. Pengusaha asing harus sadar akan kepentingan jaringan ini dan berupaya untuk mengembangkannya.

Bisnis perekonomian

Terkait dengan hal ini, UKM juga menjumpai kesulitan dalam hal akses terhadap sumber pembiayaan. Selama ini yang cukup familiar dengan mereka adalah mekanisme pembiayaan yang disediakan oleh financial institution dimana disyaratkan adanya agunan. Terhadap akses pembiayaan lainnya seperti investasi, sebagian besar dari mereka belum memiliki akses untuk itu. Dari sisi investasi sendiri, masih terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila memang gerbang investasi hendak dibuka untuk UKM, antara lain kebijakan, jangka waktu, pajak, peraturan, perlakuan, hak atas tanah, infrastruktur, dan iklim usaha.

Mengenai masalah infrastruktur Kementerian Kominfo hingga 2022 memiliki goal untuk menyediakan akses internet yang memadai di seluruh desa yang ada di Indonesia,” turur Aris. Secara umum ekonomi digital di Indonesia terdiri dari e-commerce, on demand service, digital wellness service, fintech, dan IoT (8/9).Pandemi Covid-19 telah memberikan efek domino multisektoral . Namun aktivitas ekonomi harus terus berjalan dengan tetap memperhatikan faktor kesehatan. Satgas BLBI pekan ini kembali melakukan pemanggilan terhadap beberapa pihak untuk memastikan hak tagih negara atas dana BLBI agar dapat dilunasi. Dalam kasus Makassar, seluruh bilyet deposito yang diklaim oleh nasabah ternyata hanya berupa cetakan hasil scan di kertas biasa dan bukan blanko deposito sah dari bank. Pada episode ini, kita akan ngobrol tentang program vaksin gotong royong untuk sektor swasta ini, dari manfaat hingga tantangan pengadaannya.

Keluhan yang seringkali terdengar mengenai banyaknya prosedur yang harus diikuti dengan biaya yang tidak murah, ditambah lagi dengan jangka waktu yang lama. Hal ini sedikit banyak terkait dengan kebijakan perekonomian Pemerintah yang dinilai tidak memihak pihak kecil seperti UKM tetapi lebih mengakomodir kepentingan dari para pengusaha besar. Ketidakpercayaan publik terhadap sistem keuangan yang umumnya akan diikuti dengan perilaku panik para investor untuk menarik dananya sehingga mendorong terjadinya kesulitan likuiditas.

Dalam konteks ini, penggunaan anggaran pemerintah harus mengedepankan “partisipasi” masyarakat, transparan, akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan kembali kepada masyarakat. Sebagai contoh, pemerintah daerah mampu mendorong “multiplier” ekonomi melalui kegiatan pageant dan bazzar bagi usaha mikro dan kecil menengah secara kontinyu dengan skala yang lebih besar. Namun, pelaksanaannya tentu harus dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mendorong perekonomian sekaligus membangun “city’s branding” wilayah tersebut dengan potensi kebudayaan dan kreatifitas yang dimiliki. Tantangan pembangunan bagi Kabupaten dan Kota kedepan akan semakin sulit dengan kondisi international yang masih belum stabil. Perekonomian international saat ini masih tumbuh dengan sangat rendah, sehingga mempengaruhi perekonomian nasional yang belum menunjukan perbaikan yang signifikan. Namun kondisi eksternal yang buruk harus dilihat secara “positif” bahwa “badai pasti berlalu”, dimana kondisi yang buruk akan mendorong perbaikan-perbaikan untuk mengembalikan keadaan menjadi lebih baik.